Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Selamat datang di blog saya, semoga artikel saya bermanfaat untuk anda semuanya

Ini Kotaku...(Kota Tuban Dengan Beragam Isinya)

Hello blogger....
Bagi teman teman yang sering melakukan perjalanan melewati jalur Pantai Utara Jawa sudah pasti tidak asing dengan Kota yang satu ini. Tuban merupakan salah satu kota kecil dengan beragam ciri khasnya, mulai dari makanan khas, kesenian khas, dan juga berbagai potensi dan pesona alamnya.
Ini dia potensi alam yang dimiliki kota Tuban, yaitu tanah yang berupa batuan karst, dimana tanah jenis karst ini dapat menyimpan begitu banyak cadangan air bawah tanah, tapi sayangnya seiring dengan kemajuan industry di kota Tuban potensi alam ini telah banyak diekploitasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
Selain potensi alam, Tuban juga mempunyai beberap kesenian khas, tapi yang begit popular adalh kesenian langen tayub dan kesenian sandur. Kesenian langen tayub biasanya diadakan untuk memberikan persembahan pada tempat tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat Tuban. Sedangkan kesenian sandur merupakan kesenian yang dikategorikan sebagai seni pertunjukakn tradsional yang berbentuk teater. Sebagai bentuk dari teater tradisional sandur mempunyai unsur cerita, tari, karawitan, akrobatik, dan juga terdapat unsur mistis, karena dalam setiap pementasannya selalu mendatangkn danyang (roh halus).
Selain dari potensi alam dan kebudayaan, tuban juga mempunyai makanan khas yang sangat unik jika didengar telinga, yaitu Ampo. Ampo adalah makanan ringan yang terbuat dari tanah liat. Tanah liat yang sudah dibersihkan dari batu, pasir, dan kotoran lainnya kemudian dibentuk balok padat. Tanah liat tersebut diserut menggunakan bambu sehingga terbentuk stik-stik ampo mentah. Setelah itu stik ampo dipanggang dengan pangasapan. Masyarakat Tuban percaya makanan dari tanah liat yang disebut ‘ampo’ ini dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat beberapa macam penyakit.
Yang tak kalah penting juga, ada banyak obyek wisata kota Tuban yang dapat kita kunjumgi, diantaranya : Goa Akbar, Goa Ngerong, Air terjun Nglirip, pemandian bektiharjo, pemandian air panas prataan, pantai Boom, dll. Selain wisata alam ada juga wisata religinya seperti : Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang, Makam sunan Bejagung, Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi, Masjid Perut Bumi, dll.
Nah sama dengan daerah teman teman yang julukan kota Tuban juga banyak julukan, ada kalangan yang memberi julukan sebagai kota tuak karena daerah Tuban sangat terkenal akan penghasil minuman (tuak & legen) yang berasal dari sari bunga siwalan (ental). Ada yang menyebut sebagai Tuban kota Wali ada ada banyak makam wali di tanah Tuban, ada yang menyebut sebagai Kota Seribu Goa karena letak Tuban yang berada pada deretan Pegunungan Kapur Utara, bahkan ada yang menjuluki sebagai bumi ronggolawe.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar